Sabtu, 18 Februari 2012

Tabungan pahala


يَا اَبَاذرٍّ لَأَنْ تَغْدُوَفَتَعَلَّمَ أَيَةً مِنْ كِتَابِ اللهِ خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ تُصَلِّىَ مِأَةَ رَكْعَةٍ وَلَأَنْ تَغْدُوَ فَتَعَلَّمَ بَابًا

مِنَ الْعِلْمِ عُمِلَ بِهِ أَوْ لَمْ يُعْمَلْ خَيْرٌ لَكَ مِنْ اَنْ تُصَلِّىَ اَلْفَ رَكْعَةٍ

Dari Abi Dhar berkata, Rosululloh bersabda kepadaku " Wahai Abu Dhar niscaya jika suatu pagi engkau belajar satu ayat dari Kitabulloh maka itu lebih baik bagimu daripada engkau sholat (sunah) seratus rokaat, dan niscaya jika engkau suatu pagi belajar satu bab dari ilmu (hadits) yang sudah diamalkan atau belum diamalkan maka itu lebih baik bagimu daripada engkau sholat seribu rokaat" HR Ibnu Madjah juz1 hal.79.
Pahala adalah kredit point kebaikan yang sangat diperlukan di alam akhirat untuk memperberat timbangan amal kebajikan demi memperoleh ridho dan rohmat Alloh. فَامَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَزِنُهُ" Fa amma man tsaqulat mawazinuhu ....QS al-Qori'ah (101);6-11 = Maka orang yang (lebih) berat timbangan (amal kebaikan) dia berada dalam kehidupan yang diridhoi, sedang orang yang ringan timbangannya maka tempat mereka adalah "hawiyah", Apa yang kau tahu (tentang) hawiyah itu? . (Dia adalah) neraka yang panas".
Lalu Adakah amalan yang efektif cepat menghasilkan pahala?
Mengaji al-Quran dan Hadits ! adalah jawabannya.
Pernahkan kita sholat sunah seratus rokaat dalam satu waktu secara terus menerus? Atau bahkan 1.000 rokaat?
Nah, dengan mengaji, mendalami al-Quran dan al-Hadits dalam satu waktu tertentu kita dapat mengantongi pahala berpuluh-puluh ribu kebaikan.
Simpanan pahala inilah investasi yang tidak mungkin dicuri dan diharapkan untuk memperberat timbangan amal kebaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar