Kamis, 29 Maret 2012

RUQYAH


Dalam Kesempatan ini Ijinkan saya Yang Dhoif Ingin menyampaikan Sedikit Artikel Di Karenakan Keterbatasan dan Kebodohan Saya Mengenai Pengobatan, Dalam Hal Ini Saya Menyampaikan Artikel “ RUQYAH “. Ruqyah adalah Metode Pengobatan dengan Ayat Al-Quran, Dzikir dan Wirid., Ruqyah adalah Suatu Tekhnik Pengobatan yang dianjurkan Dalam Islam dan Disamping Ruqyah kita juga berusaha Ikhtiar dengan Pengobatan yang dilakukan dengan Medis.
Wa Idzaa Maridhtu Fa Huwa Yasyfiin : Dan Apabila Aku Sakit maka Dia Penyembuhku
( QS Asy-Syu’araa : 80 ), Wa Nunazzilu Minal Qur-aani Maa Huwa Syifaa-uw wa Rohmatul Lil Mu’Miniina : Dan Kami Turunkan Dari Alquran itu sebagai penyembuh dan rahmat bagi orang-orang Mukmin ( QS Al-Israa : 82 )
Langkah-Langkah Awal untuk Technik Ruqyah Adalah kita Memohon Kepada Allah SWT Untuk Penyembuhan penyakit apabila penyakit yang datangnya karena Allah mohon diberikan obat dan penyembuhan dan apabila Penyakit yang datangnya akibat gangguan makhluk Lain mohon dimusnahkan dan di berikesembuhan karena Seizin Allah SWT.
1 – Mengucapkan Istiqfar lalu dilanjutkan Dengan Niat Untuk Penyembuhkan Penyakit hanya Karena Allah Semata “ Bismillaahir Rohmaanir Rohiim Yaa Allah dengan Se-IzinMu, Dan Dengan RidhoMU Serta Ridho Kedua Orang Tua Mohon Disembuhkan (Nama Yg Diruqyah Bin/Binti ),apabila Penyakit Ini datang karena Engkau Hamba Mohon diberikan obat dan Penyembuhan dengan Ruqyah ini sebagai obat,dan Apabila Penyakit ini datang Karena Mahluk lain Hamba Mohon Disembuhkan dan Di Musnahkan dari Pengaruh JIN atau Syetan yang berada di Tubuh (Nama Yg Diruqyah Bin / Binti ), Laa Illaaha Illaa Antaa, Wa Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaahil’Aliyyil’Azhiim
2 – Tawasul Kepada Nabi Muhammad Rasululloh SAW.
3 – Membaca Sholawat Syifaa Atau Sholawat Thibbil Qulub 1 X
Sholawat Syifaa:
Bismillaahir Rohmaanir Rohiim
“ Allahumma Sholi Alaa Sayyidina Muhammadin Thibbil Qulubi Wa dawa’ihaa Wa Afiyatil Abdani Wa Syifa’ihaa Wa Nurill Abshori Wa Dhiya’Ihaa Wa Quwtila arwahi Wa Ghidza’ihaa Wa Alaa alihii Wa Shohbihii Wa Salliim”.
Diteruskan Dengan membaca :
4 – Bismillahil-Ladzi Laa yadhurru Ma’as-mihi Syai-un Fil Ardhi Wa Laa Fis Sama-i Wa Huwas-Sami’ul Aliim . ( 3 x )
5 – A’udzu Bikalimatillahit-tammatillati Laa Yujawizu Hunna Barrun Wa La Fajirun Min Syarri Ma Kholaqa Wa Dzaro-a Wa Baro-a Wa Min Syarri Ma Yanzilu Minas-sama-I Wa Min Syarri Ma yakh’ruju Fiha Wa Min Syarri Ma Dzaro-a Fil Ardhi Wa Min Syarri Ma Yakhruju Minhaa, Wa Min Syarri Fitanillailli Wannahar, Wa Min Syarri Tho-wariqillailli Wannahar Illaa Thoriqon Yatruqu Bikhoirin Yaa Rohman. ( 1 X )
6 – Bismillahi Arqika Wallahu Yasyfika Min Kulli Da-in Yu’dzika Wa Min Kulli Nafsin Au’ainin hasidin, Allahu Yayfika Bismillahi Arqik. ( 3 x )
7 – Allahumma Robban-nasi Adz-hibil ba’sa Isyfi an-tasy-syafi laa syifa-a illa syifa-uku syifa-an Laa yughadiru Saqoma. ( 3 x ).
8 – A’udzu Bikalimatillahit-tammati Kulliha Min Syarri Ma Kholaqa. ( 3 x )
9 – A’udzu Bikalimatillahit-tammati Min Ghodhobihi Wa Iqobihi Wa Min Syarri Ibadihi Wa Min Hamazatisy-Syayathini Wa an Yahdhurun. . ( 1 x )
10 – A’udzu Bikalimatillahit-tammati Min Kulli Syaithon Wa Hammatin Wa Min Kulli A’inin Lammah . ( 3 x )
11 – Robbi a’udzu Bika Min Hamazatisy-Syayathin, Wa a’udzu bika Robbi An Yahdhurun. ( 3 x ).
12 – Membaca Surat Al-faatiha . ( 1 X )
13 – Membaca Surat Al-Baqoroh , Ayat 1 – 5. ( 1 X )
“ Bismillaahir Rohmaanir Rohiim. Aliif Laammiim. Dzaalikal Kitaabu Laa Roiba Fiihi Hudal Lilmuttaqiin Alladziina yu minuuna bil ghoibi wa yuqii Muunash-sholaata Wa Mimmaa Rozaqnaahum Yunfiquun Walladziinaa Yu Minuuna bimaa unzila ilaika wa maa unzila min qobliq Wa bil aakhirotihum yuuqinuun. Ulaa-ika alaa hudam mir robbihim wa ulaa-ika humul muflihuun.”
14 – Membaca Surat Al-Baqoroh , Ayat 102 , ( 3 X atau 7 X )
“Bismillaahir Rohmaanir Rohiim. Wattaba’uu Maa tatlusy Syayaathiinu alaa Mulki Sulaimaana Wa maa Kafaro Sulaimaanu Walaakinnasy Syayaathiina Kafaruu Yu’allimuunan naasa sihro wa maa unzila ala malakaini bi baabila haaruuta wa maaruuta wa maa yu’allimaani min ahadin hattaa yaquulaa innamaa nahnu fitnatun fa laa takfur fa yata’allamuuna Min Hummaa Maa yufarriquuna bihii bainal mar-I wa zaujihii wa maa hum bi dhoorriina bihii min ahadin illaa bi idznillaahi wa yata’allamuuna Wa laqod alimuu la manisy taroohu maa lahuu Fil Akhiroti Min kholaaqiw Wa La Bi’sa Maa Syarau bihii anfusahum Lau Kaanuu Ya’lamuun “
15 – Membaca Surat Al-Baqoroh , Ayat 163 – 164 . 1 X
“Bismillaahir Rohmaanir Rohiim. Wa Ilaahukum Ilaahuw Waahid Laa Illaaha Illaa Huwar Rohmaanur Rohiim. Inna Fii Kholqis samaawaati wal ardhi wakhtilaafil lailli wan Nahaar wal fulkil latii tajrii fil bahrii bi maa yanfa’un naasa wa maa anzalallaahu minas sama-i mim maa in fa ahyaa bihil ardho ba’da mautihaa wa batstsa fiihaa min kulli daabbatin wa tashriifir-riyaahi was sahaabil musakh-khoir bainas-sama-i wal ardhi laa aayaatilli qaumiy ya’ qiluun “
16 – Membaca Surat Al-Baqoroh , Ayat 255 / Ayat Kursi . 1 X
17 – Membaca Surat Al-Baqoroh , Ayat 285 – 286, 1 X
“Bismillaahir Rohmaanir Rohiim. Aamanar rosuulu bi maa unzila ilaihi mir robbihii wal mu’minuuna kullun aamanaa billaahi Wa malaaikatihii wa kutubihii wa rosullihii laa nufarriqu baina ahadim mir Rosulihii wa qooluu sami’naa wa atho’naa ghufraanaka robbanaa wa ilaikal mashiir. Laa yukallifullaahu nafsan illaa wus’ahaa lahaa maa kasabat wa’alaihaa mak tasabat Robbanaa laa tu aakhidznaa in nasiinaa au akhto’naa robbanaa wa laa tahmil allaina ishron ka maa hamltahuu allal ladzinaa min qoblinaa robbanaa wa laa tuhammilna maa laa thoqotolanaa bihii wa’fu annaa wagh fir lanaa war hamnaa anta maulaanaa fan shurnaa alal qoumil kaafiriin “
18 – Membaca Surat Ali – Imron , Ayat 18 – 19 , 1 X
“Bismillaahir Rohmaanir Rohiim. Syahidallaahu annahuu laa illaaha illaahuwa wal malaaikatu wa ullul ilmi qooimam bil qisthi laa illaaha illaa huwal aziizul hakim. Innad dinnaa indallaahil islamu wa makhtolafal ladziina uutul kitaaba illaa mim ba’di maa jaa-a humul ilmu baghyam bainahum wa man yakfur bi aayaatillaahi fa innallaaha sarii’ul hisab”.
19 – Membaca Surat Al– A’Raaf , Ayat 54 – 56 , 1 X
“Bismillaahir Rohmaanir Rohiim. Innaa Robbakumullahul ladzi kholaqos-samaawaati wal ardho fii sittati ayyaa min tsumma tawaa alal arsyi yughsyii lailan naaharo yathlubuhuu hatsiitsaw wasy syamsa wal qomaro wan nujuuma musakhkhorootim bi amrihii allaa lahul kholqu wal amru tabaarokallaahu robbul’aalamiin. Ud’uu Robbakum tadhorru’aw wa khufyatan innahuu laa yuhibbul mu’tadiin. Wa laa tufsiduu fil ardhi ba’da ishlaahihaa wad’uuhu khaufaw wa thoma’an inna rohmatillahii Qoriibum minal Muhsiniin “.
20 – Membaca Surat Al– A’Raaf , Ayat 117 – 122 , ( 5 X )
“Bismillaahir Rohmaanir Rohiim. Wa auhainaa illaa Muusaa an alqi ashaaka fa idzaa hiya talqofu maa ya’fikuun Fa waqo’al haqqu wa bathola maa kaanuu ya’maluun.
Fa ghulibuu hunaalika wan qolabuu shooghiriin.
** WA – ULQIYAS SAHAROTU SAAJIDIIN …… 33 X
Qooluu aamannaa bi robbil aalamiin ,Robbii Muusaa wa Haaruu.
21 – Membaca Surat YUUNUS , Ayat 81 – 82 , ( 5 X )
“Bismillaahir Rohmaanir Rohiim. Fa Lammaa alqau qoola Muusaa maa Ji’tum bihis sihr
** INNALLAAHA SA YUBTHILUH…. 33 X , Innallaaha Laa yushlihu’amalal mufsidiin Wa yuhiqqullaahul haqqo bi kalimaatihii wa lau karihal mujrimuun “.
22 – Membaca Surat THAA-HAA , Ayat 69 , ( 7 X )
“Bismillaahir Rohmaanir Rohiim. Wa alqi Maa Fii Yamiinika talqof Maa Shona’uu innamaa shona’uu kaidu saahiriin wa laa yuflihus saahiru haitsu ataa “.
23 – Membaca Surat , AL-Mu’Minuun , Ayat 115 – 118 , ( 1 X )
“Bismillaahir Rohmaanir Rohiim. A Fa Hasibtum annamaa Kholaqnaakum’abatsaw wa annakum ilainaa laa turja’uun. Fa ta’aalallaahu malikul haqqu laa illaaha illaa huwa robbul ‘ arsyil kaariim. Wa may yad’u maa allaahi illaaha aakhor laa burhaana lahuu bihii fa innamaa hisaabuhuu inda robbihii innahu laa yuflihul kaafiruun. Wa Qur Robbigh Fir War Ham Wa Antaa Khoirur Roohimiin “.
23 – Membaca Surat , ASH-Shaaffaat , Ayat 1 – 10 , ( 1 X )
“Bismillaahir Rohmaanir Rohiim. Wash Shooffaati Shoffaa faz zaajirooti zajroo Fat taaliyaati dzikroo Inna Illaahakum lawaahid Robbus samaawaati Wal ardhi wa maa bainahumaa wa robbul masyaariq Innaa Zayyannas samaa-ad dunyaa bi ziinatinil kawaakib Wa hifzhom min kulli syaithoonim maa-rid Laa Yassamma’uuna illaal mala-il aalaa wa yuqdzafuuna min kulli jaanib, Duhuuraw wa lahum adzaabuw waashib. Illaa Man Khothifal khathfata fa at ba’ahuu syihaabun tsaaqib “.
23 – Membaca Surat , AL-Ahqaaf , Ayat 29 – 32 , ( 1 X )
“Bismillaahir Rohmaanir Rohiim. Wa Idz Shorofnaa Ilaika Nafarom Minal Jinni Yastami”uunal Qur-aana Fa lammaa hadhoruuhu qooluu anshituu Fa Lammaa Qudhiya wallaw illaa qoumihim Mundziriin, Qooluu Yaa Qoumanaa Innaa Sami’naa Kitabaan unzila mim ba’di muusaa mushoddiqol lii ma baina yadaihi yahdii illaal haqqi wa illaa thoriiqiim mustaqiim Yaa qoumanaa ajiibuu daa’iyallaahi wa aaminuu bihil yaghfir lakum min dzunuu bikum wa yujirkum min’adzaabin aliim, wa mal laa yujib daa’iyallaahi fa laisa bi mu’jizin fil ardhi wa laisa lahuu min duunihii auliyaa-u ullaa-ika fii dholaalim mubiin “.
24 – Membaca Surat , Ar-Rahmaan , Ayat 33 – 36 , ( 1 X )
“Bismillaahir Rohmaanir Rohiim. Yaa Ma’syarol Jinni Wal insi Inistatho’tum an tanfudzhuu min aqthooris-samaawaati wal ardhi fanfudzuu laa tanfudzuuna illaa bi sulthoon Fa bi ayyi aalaa-I robbikumaa tukadziban Yursalu ‘alaikumaa syuwaazhum minnaaiw wa nuhaasun fa laa tantasshiroon, Fa Bi ayyi aalaa-I robbikumaa tukadziban
25 – Membaca Surat , AL-Hasyr , Ayat 21 – 24 , ( 1 X )
“Bismillaahir Rohmaanir Rohiim.Lau Anzalnaahaadzal Qur-aanaa allaa jabalil la ro’aitahuu khaasyi’am mutashoddi’ammin khasyyatillaahi wa tikal amtsaalu nadhribuhaa lin naasi la’allahum yatafak-karuun,Huwallaahul Ladzii Laa Illaaha illaa Huwa’aalimul ghoibi wasy syahaadati huwar rohmaanur rohim,Huwallaahul Ladzii laa illaaha illaa huwal malikil qudduusus salaamul mu’minul muhaiminul aziizul jabbaarul mutakabbiru Subhaanallaahi ammaa yusyrikuun, Huwallaahu khooliqul baari’ul mushowwiru lahul asmaa-ul husnaa yusabbihu lahuu maa fis samaawaati wal ardhi wa huwal ‘Aziizul Hakiim. “
26 – Membaca Surat , AL-JINN , Ayat 1 – 9 , ( 1 X )
“Bismillaahir Rohmaanir Rohiim.Qul uuhiya ilayya annahus tama’a nafarum minal Jinni Fa qooluu innaa sami’naa qur-aanan’ajaba Yahdii illaar rusydi fa aamannaa bihii walan nusyrika bi robbinaa ahadaa,wa annahuu ta’aalaa jaddu robbinaa mat takhodza shoohibataw wa laa wa ladaa, Wa annahuu kaana yaquulu Safiihunaa’alallahi syathothoo Wa annaa zhonannaa al lan taquulal insu wal jinnu ‘alallaahi kadzibaa, Wa annaahuu kaanaa rijaalum minal insi ya’uudzuuna bi rijaalim minal Jinni Fa Zaaduuhuum Rohaqoo,Wa annahum zhannuu ka maa zhonantum al lay yab’atsallaahu ahaadaa, Wa anna Kunnaa Naq’udu minhaa maqoo’idalissa’I Fa may yastami’il aana yajid lahuu syihaabar roshadaa”.
27 – Membaca Surat , AL-IKHLAS, ( 1 X )
28 – Membaca Surat , AL-FALAQ, ( 1 X )
29 – Membaca Surat , AN – NAAS, ( 1 X )

Dampak Maksiat Terhadap Iman

Kitab Tauhid 2
oleh: Team Ahli Tauhid
Maksiat adalah lawan ketaatan, baik itu dalam bentuk meninggalkan perintah maupun melakukan suatu larangan. Sedangkan iman, sebagaimana telah kita ketahui adalah 70 cabang lebih, yang tertinggi adalah ucapan "la ilaha illallah" dan yang terendah adalah menyingkirkan gangguan di jalan. 

Jadi cabang-cabang ini tidak bernilai atau berbobot sama, baik yang berupa mengerjakan (kebaikan) maupun me-ninggalkan (larangan). Karena itu maksiat juga berbeda-beda. Dan maksiat berarti keluar dari ketaatan. Jika ia dilakukan karena ingkar atau mendustakan maka ia bisa membatalkan iman. 

Sebagaimana Allah menceritakan tentang Fir'aun dengan firmanNya: "Tetapi Fir'aun mendustakan dan mendurhakai." (An-Nazi'at: 21)

Dan terkadang maksiat itu tidak sampai pada derajat tersebut sehingga tidak membuatnya keluar dari iman, tetapi memperburuk dan mengurangi iman. Maka siapa yang melakukan dosa besar seperti berzina, mencuri, minum-minuman yang memabukkan atau sejenisnya, tetapi tanpa meyakini kehalalannya, maka hilang rasa takut, khusyu' dan cahaya dalam hatinya; sekalipun pokok pembenaran dan iman tetap ada di hatinya. 

Lalu jika ia bertaubat kepada Allah dan mela-kukan amal shalih maka kembalilah khasyyah dan cahaya itu ke dalam hatinya. Apabila ia terus melakukan kemaksiatan maka bertambahlah kotoran dosa itu di dalam hatinya sampai menutupi serta menguncinya -na'udzubillah!-. Maka ia tidak lagi mengenal yang baik dan tidak me-ngingkari kemungkaran. 

Imam Ahmad dan lainnya meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiallaahu anhu bahwa Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda: "Sesungguhnya orang mukmin itu jika berbuat dosa maka terbentuklah titik hitam di hatinya. Apabila ia bertaubat, meninggalkan dan beristighfar maka mengkilaplah hatinya. Dan jika menambah (dosa) maka bertambahlah (bintik hitamnya) sampai menutupi hatinya. Itulah 'rain' yang disebut oleh Allah dalam Al-Quran: 'Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutup hati mereka.' (Al-Muthaffifin: 14, HR. Ahmad, II/297)

Ada sebuah perumpamaan yang menggambarkan pengaruh maksiat atas iman, yaitu bahwasanya iman itu seperti pohon besar yang rindang. Maka akar-akarnya adalah tashdiq (kepercayaan) dan dengan akar itulah ia hidup, sedangkan cabang-cabangnya adalah amal perbuatan. Dengan cabang itulah kelestarian dan hidupnya terjamin. Se-makin bertambah cabangnya maka semakin bertambah dan sempurna pohon itu, dan jika berkurang maka buruklah pohon itu. 

Lalu jika berkurang terus sampai tidak tersisa cabang maupun batangnya maka hilanglah nama pohon itu. Manakala akar-akar itu tidak mengeluarkan batang-batang dan cabang-cabang yang bisa berdaun maka keringlah akar-akar itu dan hancurlah ia dalam tanah. Begitu pula maksiat-maksiat dalam kaitannya dengan pohon iman, ia selalu membuat pengurangan dan aib dalam kesempurnaan dan keindahannya, sesuai dengan besar dan kecilnya atau banyak dan sedikitnya kemaksiatan tersebut. Wallahu a'lam!

hukum pelaku dosa besar

Kitab Tauhid 2
oleh: Team Ahli Tauhid
Dosa Terbagi Menjadi Dosa Besar Dan Kecil 
1. Dosa Besar (Kabirah) 
Yaitu setiap dosa yang mengharuskan adanya had di dunia atau yang diancam oleh Allah dengan Neraka atau laknat atau murkaiNya. Adapula yang berpendapat, dosa besar adalah setiap maksiat yang dilakukan seseorang dengan terang-terangan (berani) serta meremehkan dosanya. 

Contoh dosa besar adalah sebagaimana disebutkan dalam hadits Abu Hurairah Radhiallaahu anhu bahwa Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda: "Jauhilah olehmu tujuh dosa yang membinasakan. Mereka bertanya, 'Apa itu?' Beliau menjawab, Syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan benar, memakan riba, memakan harta anak yatim, melarikan diri pada waktu peperangan, menuduh berzina wanita-wanita suci yang mukmin dan lalai dari kemaksiatan." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Dosa Kecil (Shaghirah) 
Yaitu segala dosa yang tidak mempunyai had di dunia, juga tidak terkena ancaman khusus di akhirat. Ada pula yang berpendapat bahwa dosa kecil adalah setiap kemaksiatan yang dilakukan karena alpa atau lalai dan tidak henti-hentinya orang itu menyesali perbuatannya, sehingga rasa kenikmatannya dengan maksiat tersebut terus memudar. 

Contoh dosa kecil adalah apa yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiallaahu anhu bahwasanya Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda: "Dicatat atas bani Adam bagiannya dari zina, pasti dia mendapatkannya tidak mungkin tidak; maka dua mata zinanya adalah memandang, dua telinga zinanya adalah mendengar, lisan zinanya adalah berbicara, tangan zinanya adalah memegang, dua kaki zinanya adalah melangkah, dan hati adalah menginginkan dan mendambakan, hal itu dibenarkan oleh kemaluan atau didusta-kanya." (HR. Muslim, no. 2657)

Dalil pembagian dosa menjadi besar dan kecil adalah firman Allah: "Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (Surga)." (An-Nisa': 31)

"(Yaitu) orang yang mejauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Tuhanmu Mahaluas ampunanNya." (An-Najm: 32)

Diriwayatkan dari Umar, Ibnu Abbas dan yang lain bahwasanya mereka berkata: "Tidak ada dosa besar dengan beristighfar dan tidak ada dosa kecil (jika dilakukan) dengan terus-menerus." 

Madzhab Ahlus Sunnah Tentang Pelaku Dosa Besar 
Sesungguhnya orang yang melakukan dosa besar tidaklah menjadi kafir jika dia termasuk ahli tauhid dan ikhlas. Tetapi ia adalah mukmin dengan keimanannya dan fasik dengan dosa besarnya, dan ia berada di bawah kehendak Allah. Apabila berkehendak, Dia mengampuninya dan apabila Ia berkehendak pula, maka Ia menyiksa di Neraka karena dosanya, kemudian Ia mengeluarkannya dan tidak menjadikannya kekal di Neraka. 

Berbeda dengan kelompok-kelompok sesat yang ekstrim dalam hal ini. Mereka adalah: 
1. Murji'ah: Golongan yang menyatakan maksiat tidak membahayakan (berpengaruh buruk) bagi orang beriman, sebagaimana ketaatan tidak bermanfaat bagi orang kafir. 

2. Mu'tazilah: Mereka yang mengatakan bahwa orang yang berdosa besar ini tidak mukmin dan tidak juga kafir, tetapi ia berada pada tingkatan yang ada diantara dua tingkatan tersebut. Namun demikian, apabila ia keluar dari dunia tanpa bertaubat maka ia kekal di Neraka. 

3. Khawarij: Mereka mengatakan bahwa orang yang berdosa besar adalah kafir dan kekal di Neraka. 

Dalil-dalil Ahlus Sunnah 
Ahlus Sunnah berhujjah dengan dalil-dalil yang banyak sekali dari Al-Qur'an dan Al-Hadits, di antaranya: 
1. Firman Allah Subhannahu wa Ta'ala: "Dan jika ada dua golongan dari orang-orang mukmin berperang maka damaikanlah antara keduanya. Jika salah satu dari kedua golongan itu berbuat aniaya terhadap golongan lain maka perangilah golongan yang berbuat aniaya itu sehingga golongan itu kembali kepada perintah Allah; jika golongan itu telah kembali (kepada perintah Allah), maka damaikanlah antara keduanya dengan adil dan berlaku adillah. Sesungguhnya Allah me-nyukai orang-orang yang berbuat adil. Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat." (Al-Hujarat: 9-10)

Segi istidlal (pengambilan dalil)-nya: Allah tetap mengakui ke-manan pelaku dosa peperangan dari orang-orang mukmin dan bagi para pembangkang dari sebagian golongan atas sebagian yang lain, dan Dia menjadikan mereka menjadi bersaudara. Dan Allah memerintahkan orang-orang mukmin untuk mendamaikan antara saudara-saudara mereka seiman. 

2. Abu Said Al-Khudri Radhiallaahu anhu mengatakan bahwa Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda: "Allah memasukkan penduduk Surga ke Surga. Dia memasukkan orang-orang yang Ia kehendaki dengan rahmatNya. Dan Ia memasukkan penduduk Neraka. Kemudian berfirman, 'Lihatlah, orang yang engkau dapatkan dalam hatinya iman seberat biji sawi maka keluarkanlah ia.' Maka dikeluarkanlah mereka dari Neraka dalam keadaan hangus terbakar, lalu mereka dilemparkan ke dalam sungai kehidupan atau air hujan, maka mereka tumbuh di situ seperti biji-bijian yang tumbuh di pinggir aliran air. Tidakkah engkau melihat bagaimana ia keluar berwarna kuning melingkar?" (HR. Muslim, I/172 dan Bukhari, IV/158) 

Segi istidlal-nya, adalah tidak kekalnya orang-orang yang berdosa besar di Neraka, bahkan orang yang dalam hatinya terdapat iman yang paling rendah pun akan dikeluarkan dari Neraka, dan iman seperti ini tidak lain hanyalah milik orang-orang yang penuh dengan kemaksiatan dengan melakukan berbagai larangan serta meninggalkan kewajiban-kewajiban.

rukun iman dan cabang-cabang ny

Kitab Tauhid 2
oleh: Team Ahli Tauhid
Rukun-rukun Iman
Yang dimaksud rukun iman adalah sesuatu yang menjadi sendi tegaknya iman. 
Rukun iman ada enam: 
1. Iman kepada Allah 
2. Iman kepada para malaikat 
3. Iman kepada kitab-kitab samawiyah 
4. Iman kepada para rasul 
5. Iman kepada hari Akhir 
6. Iman kepada takdir Allah, yang baik maupun yang buruk. 

Dalilnya adalah jawaban Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam ketika Jibril bertanya padanya tentang iman:
"Engkau beriman kepada Allah, para malaikatNya, kitab-kitab-Nya, para rasulNya, kepada hari akhir Akhir dan engkau ber-iman kepada takdir, yang baik maupun yang buruk." (HR. Al-Bukhari, I/19,20 dan Muslim , I/37)


Cabang-cabang Iman 
Cabang-cabang iman bermacam-macam, jumlahnya banyak, lebih dari 72 cabang. Dalam hadits lain disebutkan bahwa cabang-cabangnya lebih dari 70 buah. 

Dalil cabang-cabang iman adalah hadits Muslim dari Abu Hurairah Radhiallaahu anhu, Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda:
"Iman itu tujuh puluh cabang lebih atau enam puluh cabang lebih; yang paling utama adalah ucapan "la ilaha illallahu" dan yang paling rendah adalah menyingkirkan rintangan (kotoran) dari tengah jalan, sedangkan rasa malu itu (juga) salah satu cabang dari iman." (HR. Muslim, I/63)


Beliau Shalallaahu alaihi wasalam menjelaskan bahwa cabang yang paling utama adalah tauhid, yang wajib bagi setiap orang, yang mana tidak satu pun cabang iman itu menjadi sah kecuali sesudah sahnya tauhid tersebut. Adapun cabang iman yang paling rendah adalah menghilangkan sesuatu yang mengganggu kaum muslimin, di antaranya dengan menyingkirkan duri atau batu dari jalan mereka. 

Lalu, di antara ke dua cabang tersebut terdapat cabang-cabang lain seperti cinta kepada Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam, cinta kepada saudara muslim seperti mencintai diri sendiri, jihad dan sebagainya. Beliau tidak menjelaskan cabang-cabang iman secara keseluruhan, maka para ulama berijtihad menetapkannya. 

Al-Hulaimi, pe-ngarang kitab "Al-Minhaj" menghitungnya ada 77 cabang, sedangkan Al-Hafizh Abu Hatim Ibnu Hibban menghitungnya ada 79 cabang iman. Sebagian dari cabang-cabang iman itu ada yang berupa rukun dan ushul, yang dapat menghilangkan iman manakala ia ditinggalkan, seperti mengingkari adanya hari Akhir; dan sebagiannya lagi ada yang bersifat furu', yang apabila meninggalkannya tidak membuat hilang-nya iman, sekalipun tetap menurunkan kadar iman dan membuat fasik, seperti tidak memuliakan tetangga. 

Terkadang pada diri seseorang terdapat cabang-cabang iman dan juga cabang-cabang nifak (kemunafikan). Maka dengan cabang-cabang nifak itu ia berhak mendapatkan siksa, tetapi tidak kekal di Neraka, karena di hatinya masih terdapat cabang-cabang iman. Siapa yang seperti ini kondisinya maka ia tidak bisa disebut sebagai mukmin yang mutlak, yang terkait dengan janji-janji tentang Surga, rahmat di Akhirat dan selamat dari siksa. Sementara orang-orang mukmin yang mutlak juga berbeda-beda dalam tingkatannya. 
Wallahu a'lam!

hal-hal yang membatalkan iman

Kitab Tauhid 2
oleh: Team Ahli Tauhid
Pembatal iman atau "nawaqidhul iman" adalah sesuatu yang dapat menghapuskan iman sesudah iman masuk didalamnya yakni antara lain:
1. Mengingkari rububiyah Allah atau sesuatu dari kekhususan-kekhususanNya, atau mengaku memiliki sesuatu dari kekhususan tersebut atau membenarkan orang yang mengakuinya. Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman: "Dan mereka berkata, ‘Kehidupan ini tak lain hanyalah kehidupan di dunia saja, kita mati dan kita hidup dan tidak ada yang membinasakan kita selain masa', dan mereka sekali-kali tidak mempu-nyai pengetahuan tentang itu, mereka tidak lain hanyalah menduga-duga saja."(Al-Jatsiyah: 24)


2. Sombong serta menolak beribadah kepada Allah. 

Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman: "Al-Masih sekali-kali tidak enggan menjadi hamba bagi Allah, dan tidak (pula enggan) malaikat-malaikat yang terdekat (kepada Allah). Barangsiapa yang enggan dari menyembahNya dan menyombongkan diri, nanti Allah akan mengumpulkan mereka semua kepadaNya. Adapun orang-orang yang beriman dan berbuat amal shalih, maka Allah akan menyempurnakan pahala mereka dan me-nambah untuk mereka sebagian dari karuniaNya. Adapun orang-orang yang enggan dan menyombongkan diri, maka Allah akan menyiksa mereka dengan siksaan yang pedih, dan mereka tidak akan memperoleh bagi diri mereka, pelindung dan penolong selain daripadaNya." (An-Nisa': 172-173)

3. Menjadikan perantara dan penolong yang ia sembah atau ia mintai (pertolongan) selain Allah. 

Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman: "Dan mereka menyembah selain Allah apa yang tidak dapat mendatangkan kemadharatan kepada mereka dan tidak (pula) kemanfaatan, dan mereka berkata, 'Mereka itu adalah pemberi syafa'at kepada kami di sisi Allah'. Katakanlah, 'Apakah kamu mengabarkan kepada Allah apa yang tidak diketahuiNya baik di langit dan tidak (pula) di bumi? Mahasuci Allah dan Mahatinggi dari apa yang mereka persekutukan (itu)." (Yunus: 18) 

"Hanya bagi Allah-lah (hak mengabulkan) do'a yang benar. Dan berhala-berhala yang meraka sembah selain Allah tidak dapat memperkenankan sesuatu pun bagi mereka, melainkan seperti orang membukakan kedua telapak tangannya ke dalam air supaya sampai air ke mulutnya, padahal air itu tidak dapat sampai ke mulutnya. Dan do'a (ibadah) orang-orang itu, hanyalah sia-sia belaka." (Ar-Radu: 14)

4. Menolak sesuatu yang ditetapkan Allah untuk diriNya atau yang ditetapkan oleh RasulNya. 

Begitu pula orang yang menyifati seseorang (makhluk) dengan sesuatu sifat yang khusus bagi Allah, seperti ilmu Allah. Termasuk juga menetapkan sesuatu yang dinafikan Allah dari diriNya atau yang telah dinafikan dariNya oleh RasulNya Shalallaahu alaihi wasalam. 

Allah berfirman kepada Rasulnya: "Katakanlah, Dialah Allah, yang Mahaesa, Allah adalah Tuhan yang bergantung kepadaNya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia." (Al-Ikhlas: 1-4)

"Hanya milik Allah asma' husna , maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asma' husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-namaNya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan." (Al-A’raf: 180)

"Tuhan (yang menguasai) langit dan bumi dan apa-apa yang ada di antara keduanya, maka sembahlah Dia dan berteguh hatilah dalam beribadat kepadaNya. Apakah kamu mengetahui ada seseorang yang sama dengan Dia (yang patut disembah)?" (Maryam: 65)

5. Mendustakan Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam tentang sesuatu yang beliau bawa.
Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman: "Dan jika mereka mendustakan kamu, maka sesungguhnya orang-orang yang sebelum mereka telah mendustakan (rasul-rasulNya); kepada mereka telah datang rasul-rasulNya dengan mambawa mu'jizat yang nyata, zubur, dan kitab yang memberi penjelasan yang sempurna. Kemudian Aku adzab orang-orang yang kafir; maka (lihatlah) bagaimana (hebatnya) akibat kemurkaanKu." (Fathir: 25-26)

6. Berkeyakinan bahwa petunjuk Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam tidak sempurna atau menolak suatu hukum syara' yang telah Allah turunkan kepadanya, atau meyakini bahwa selain hukum Allah itu lebih baik, lebih sempurna dan lebih memenuhi hajat manusia, atau meyakini kesamaan hukum Allah dan RasulNya dengan hukum yang selainnya, atau meyakini dibolehkannya berhukum dengan selain hukum Allah.

Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman: "Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang mengaku dirinya telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang diturunkan sebelum kamu? Mereka hendak ber-hakim kepada thagut itu, padahal mereka telah diperintah meng-ingkari thagut itu. Dan syetan bermaksud menyesatkan mereka (dengan) penyesatan yang sejauh-jauhnya." (An-Nisa': 60)

"Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakikatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya."(An-Nisa': 65)

"Barangsiapa yang tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir." (Al-Maidah: 44)

7. Tidak mau mengkafirkan orang-orang musyrik atau ragu tentang kekafiran mereka, sebab hal itu berarti meragukan apa yang dibawa oleh baginda Rasul Shalallaahu alaihi wasalam.
Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman: "…dan mereka berkata, Sesungguhnya kami mengingkari apa yang kamu disuruh menyampaikannya (kepada kami), dan sesungguhnya kami benar-benar dalam keragu-raguan yang menggelisahkan terhadap apa yang kamu ajak kami kepadanya."(Ibrahim: 9)

8. Mengolok-olok atau mengejek-ejek Allah atau Al-Qur'an atau agama Islam atau pahala dan siksa dan yang sejenisnya, atau mengolok-olok Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam atau seorang nabi, baik itu gurauan maupun sungguhan.

Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman: "Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan menjawab, 'Sesung-guhnya kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja.' Katakanlah, 'Apakah dengan Allah, ayat-ayatNya dan RasulNya kamu selalu berolok-olok?' Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman." (At-Taubah: 65-66)

9. Membantu orang musyrik atau menolong mereka untuk memusuhi orang muslim. 
Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin (mu); sebagian mereka adalah pemimpin bagi pemimpin yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka sebagai pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesung-guhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zhalim." (Al-Maidah: 51)

10. Meyakini bahwa orang-orang tertentu boleh keluar dari ajaran Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam, dan tidak wajib mengikuti ajaranbeliau.
Allah berfirman: "Pada hari ini telah Kusempurnakan untukmu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmatKu, dan telah Kuridhai Islam itu menjadi agama bagimu." (Al-Maidah: 3)

11. Berpaling dari agama Allah, tidak mau mempelajarinya serta tidak mau mengamalkannya.
Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman: "Dan siapakah yang lebih zhalim daripada orang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya, kemudian ia berpaling daripadanya? Sesungguhnya Kami akan memberikan pembalasan kepada orang-orang yang berdosa." (As-Sajdah: 22)

Inilah sebagian pembatal-pembatal iman yang paling nyata. Masih banyak pembatal-pembatal iman yang lain seperti sihir, menolak Al-Qur’an baik sebagian maupun keseluruhannya, atau meragukan ke-mu'jizatannya atau menghina mushaf atau sebagiannya, atau menghalalkan sesuatu yang sudah disepakati keharamannya seperti zina atau khamar, atau menghujat agama serta mencelanya.
Na'udzu billah min dzalik. Wallahu a'lam!